-->
  • Jelajahi

    Copyright © TUTORIAL
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Find Us On Facebook

    Nyeri Ulu Hati Tidak Selalu Maag, Kenali Gejalanya

    Editor
    , 09.31 WIB



    Ibu rumah tangga berusia 40 tahun

    "Saya mengalami nyeri di ulu hati yang hilang timbul. kadang-kadang nyeri nyeri di perut kanan atas. Biasanya nyeri sekitar satu jam, atau lebih, lalu hilang. Nyeri terutama malam hari, kadang terasa mual". 
     yang di tanyakan ibu ini pada dokter adalah

    "Apakah saya menderita sakit maag? kenapa nyeri bisa hilang sendiri beberapa jam?"

      Dokter: 

    Melihat gejala yang di alami, kemungkinan besar ibu ini menderita penyakit batu empedu, yang terdapat batu di kandung empedu.

       Gejala batu empedu adalah kolik bilier, kolik( nyeri hilang timbul) akibat tersumbatnya saluran empedu oleh batu. Keluhan biasanya nyeri di ulu hati yang berlangsung kurang lebih 30 menit sampai 12 jam, nyeri dapat menjalar ke pundak atau punggung, biasanya timbul malam hari atau dini hari.

    Dari penelitian ternyata, 50% pasien tidak menimbulkan gejala, hanya 30% yang mengalami kolik.

    Penyebab:  Kolesterol, infeksi saluran empedu, gangguan  pergerakan kantung empedu, dan yang lainya. Serta faktor lain, yaitu umur, genetik, jenis kelamin,  serta hormon estrogen, gemuk, dan jarang makan serat.

        Bila timbul panas kemungkinan sudah terjadi radang kandung empedu yang di sebut kolesistis. Dari kepustakaan barat di laporkan bahwa pasien radang kandung empedu umumnya perempuan, gemuk, berusia di atas 40 tahun. Namun, sering sering tidak sesuai dengan pasien negeri kita.

       Penanganan yang bisa di lakukan pada pasien yang menderita kolik, yaitu di lakukan pengangkatan kandung empedu.  Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk melihat adanya batu di kandung empedu.

    Pengetahuan tentang gejala yang timbul di tubuh kita setidaknya membantu kita untuk lebih berhati hati lagi dalam menjaga kesehatan, apalagi sekarang rumah sakit biayanya bukan semakin murah tetapi malah semakin setinggi angkasa, menjaga pola hidup sehat denngan memperhatikan asupan makanan dan olah raga teratur mudah mudahan bisa membuat kita lebih sehat lagi,,   (seperti saya)  he he he
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    internet

    +