-->
  • Jelajahi

    Copyright © TUTORIAL
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Find Us On Facebook

    Kenali Gejala TBC, Jangan anggap remeh, bisa jadi inilah yang terjadi

    Editor
    , 00.38 WIB
        

    PENYAKIT tuberkolosis ( TBC ) tergolong penyakit mematikan. Hingga tahun 2007 indonesia masih menempati peringkat tiga sebagai negara penyumbang penyakit TBC setelah India dan China.

    Sedikit cerita diawal dulu, saya pernah punya pengalaman yang membuat khawatir karena berkaitan dengan TBC.
    Ceritanya, anak saya yang berusia enam tahun mengalami batuk dan tak kunjung sembuh selama hampir satu bulan, padahal sudah berobat ke dokter. 
    Ketika berobat kedokter khusus anak di salah satu RS, awalnya dokter juga belum bisa mendiagnosa dengan cepat karena memang dibutuhkan uji laboratorium, darah , THT, dan terakhir harus tes Mantoux untuk mengetahui apakah ada gejala yang mengarah ke TBC.
    Alhamdulillah setelah tes Mantoux, anak saya negatif TBC, dan diagnosa terakhir adalah Alergi.
    Mudah mudahan sehat selalu selamanya, Aamiin.

    Kembali ke Pembahasan mengenai TBC

        "Tahun 2002 tercatat masyarakat indonesia yang meninggal akibat TBC sebanyak 500.000 orang pertahun. hingga 2007 jumlahnya semakin menurun tetapi tngkat penularanya masih tergolong tinggi. penyebabnya adalah banyak masyarakat kita yang kekurangan gizi," kata Ketua Umum Perkumpulan pemberantasan Tuberkolosis Indonesia (PPTI) Rath Yudo Husodo pada tahun 2007.

     Menurut Beliau, Menurunya jumlah penderta TBC karena program penyembuhan penderita dengan strategi     Directly Observed Treatment Short Course ( DOTS ) atau pengawasan langsung pengobatan jangka pendek berjalan sesuai dengan harapan.

    Pengobatan denga meminum obat anti TBC tersebut dapat tuntas dilakukan selama enam bulan
     Data ini di kutip dari sebuah berita koran salah satu Media masa di tahun 2007. 

    Dari berita tersebut saya hanya ingin berbagi tulisan tentang gejala gejala yang timbul akibat terkena penyakit TBC agar kita dapat mengenalinya,  gejala yang timbul adalah :

    • Batuk selama tiga minggu lebih
    • Di ikuti rasa nyeri
    • Sesak di dada
    • Demam meriang lebih dari sebulan
    • Berkeringat di malam hari
    • Nafsu makan berkurang, yang menyebabkan berat badan menurun

    Banyak di antara kita yang menganggap gejala gejala ringan seperti batuk, demam, dan lain lain adalah sebuah gejala penyakit biasa, tanpa kita sadari dan tau bahwa gejala tersebut merupakan alarm atau tanda bagi kita untuk segera memperbaiki/ mengobatinya. Sering kita mengabaikan keluhan keluhan kecil dari tubuh kita, untuk itulah sebisa mungkin kita tahu apa penyebab dan gejalanya serta tahu bagaimana kita mengatasinya.

    "Jagalah kesehatan selama kita masih bisa"                Semoga bermanfaat
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    internet

    +